Assalamu'alaykum

Ahlan Wa Sahlan

Selasa, 19 April 2011

Guru, Pahlawan Berjasa Tanpa Tanda Jasa

Guru merupakan salah satu profesi mulia yang sangat penting. Dan penyumbang terbesar bagi kemajuan suatu bangsa. Betapa tidak, profesi yang satu ini tidaklah hanya mengajarkan ilmu, tetapi juga mendidik dan menempa berbagai karakter manusia untuk mencapai satu tujuan yaitu menjadi manusia yang seutuhnya. Karena kemuliaanya itulah maka tidak mudah menjadi seorang guru. Perlu kekuatan diri (kesabaran, pengendalian diri) selain ilmu yang mumpuni.

Banyak contoh perjuangan seorang guru diantaranya Umar Bakrie dan Bu Muslimah (dalam kisah Laskar Pelangi). Mereka adalah sosok-sosok guru yang memiliki dedikasi tinggi dalam pendidikan. Tidak seberapa memang jika dilihat dengan mata dunia, tetapi loyalitas mereka memberi energi tersendiri bagi anak didik mereka, bahkan secara tidak langsung para pembaca kisah mereka akan merasakan energi itu, yakni energi dari sebuah ketulusan dan keikhlasan yang tidak akan mampu terbayarkan.

Maka tidaklah salah ketika dikatakan bahwa guru merupakan satu amalan yang pahalanya senantiasa mengalir bahkan ketika guru tersebut telah wafat. Sebab ilmu yang disampaikannya selalu digunakan oleh para anak didiknya hingga mereka menjadi seorang yang sukses dengan profesi yang berbeda-beda. Tanpa jasa seorang guru belum tentu kita berada di posisi kita saat ini. Seperti apapun kondisi guru kita, perubahan seperti apapun yang terjadi pada mereka. Mereka tetaplah guru kita yang pernah mengajarkan ilmu dan kebaikan kepada kita. Semoga Allah senantiasa merahmati setiap guru yang selalu tulus dan ikhlas dalam menjalankan profesi mulia ini. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar